Dunia berkembang semakin pesat, tidak terkecuali Indonesia. Kemajuan bangsa Indonesia tidak terlepas dari pengaruh perkembangan sains dan teknologi. Hampir semua masyarakat merasakan dampaknya. Namun, tidak semua dampak dari perkembangan sains dan teknologi itu positif, ada banyak dampak negatif juga yang jelas merugikan masyarakat dan merusak kehidupan alam di Indonesia.

Sebelum membicarakan dampak negatif, perlu kita sadari bahwa sains dan teknologi juga membawa dampak positif bagi kita. Berikut adalah dampak positif perkembangan sains dan teknologi untuk Indonesia:

  • Jaringan internet yang memudahkan komunikasi dan menjadi media pemberitaan yang mudah diakses semua orang.
  • Penemuan obat untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit.
  • Pembangunan yang semakin maju dan dapat menjadi lahan pekerjaan untuk sumber daya manusia.

Dampak Perkembangan Sains Dan Teknologi Terhadap Masyarakat Dan Alam Indonesia

Untuk menghasilkan berbagai macam hal modern yang mengikuti perkembangan jaman, tentunya harus ada yang dikorbankan. Tetapi jika kita terus mengorbankan sesuatu hal secara berkala tentu tidak dapat disebut baik. Apalagi jika yang kita korbankan adalah kelestarian alam. Padahal manusia hidup tidak dari teknologi mutakhir saja, tetapi juga dari alam. Inilah dampak-dampak negatif perkembangan sains dan teknologi terhadap masyarakat dan alam Indonesia:

  • Penyalahgunaan teknologi untuk berbuat kecurangan dan kejahatan.
  • Teknolgi seringkali membuat manusia terlena dan tidak menghiraukan sekitarnya, seperti slogan: mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.
  • Pembakaran hutan yang merusak habitat mahluk hidup sekitarnya dan asapnya dapat mencemari udara. Polusi udara ini jelas memberi dampak negatif untuk kesehatan manusia.
  • Pemanasan global (global warming) yang dihasilkan dari limbah industri yang berupa gas karbon dioksida yang terlepas ke langit hingga merusak lapisan ozon.

Dari sekian banyak kemajuan yang kita rasakan, masih banyak beberapa dampak negatif yang belum kita sadari. Sebagai warga negara Indonesia, kita harus memelihara ekosistem alam yang ada di bangsa ini. Ini bukan berarti kita menolak kemajuan sains dan teknologi, tetapi kita harus membatasi segala sesuatunya agar tidak berlebihan. Sediakan ruang untuk alam agar tetap dapat terjaga dan lestari.

Anda suka dengan artikel Dampak Perkembangan Sains Dan Teknologi Terhadap Masyarakat Dan Alam Indonesia ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Dampak Negatif Pluralitas. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Dampak Perkembangan Sains Dan Teknologi Terhadap Masyarakat Dan Alam Indonesia" :