Endometriosis merupakan suatu penyakit radang rahim yang jinak. Penyakit ini disebakan oleh kelainan jaringan endometrium yang tumbuh di luar rahim. Bila dalam keadaan normal, jaringan endometrium hanya tumbuh di dalam lapisan rahim saja. Kelainan endometrium ini tumbuh pada indung telur dan penyokong rahim. Dalam beberapa kasus, endometrium juga ditemukan bagian luar usus besar dan usus halus, vagina, kandung kemih dan paru-paru.

Dalam sebagian besar kasus, endometriosis dapat dikategorikan sebagai penyakit keturunan. Penderita endometriosis sendiri biasanya merupakan keturunan pertama. Penyebab lain dari endometriosis biasanya adalah kelainan rahim atau mengandung dan melahirkan untuk yang pertama kali pada usia 30 tahun keatas. Penyakit ini dapa menyerang siapa saja, termasuk wanita yang dalam keadaan subur (haid lancar), wanita yang divonis mandul atau bahkan remaja. Untuk wanita yang subur, penyakit ini dapat mengakibatkan kemandulan.

Pengertian Endometriosis

Endometriosis dapat disebakan oleh berbagai macam penyebab, antara lain adalah:

  • Siklus haid yang mundur

Keterlambatan siklus mentruasi ini dapat mengakibatkan sel-sel endometrium yang seharusnya dilepaskan pada saat menstruasi bergerak mundur kearah tuba falopi dan memasuki lubang panggul atau perut dan bertumbuh di dalamnya.

  • Kelainan sistem imun

Sistem kekebalan yang tidak normal ini membuat jaringan menstruasi berkembang biak pada tempat yang tidak seharusnya.

  • Faktor genetik

Penyakit ini juga dapat diturunkan dari riwayat keluarga yang sebelumnya pernah mengalami penyakit yang sama. Tidak harus melalui ibu, orang yang memiliki sanak saudara atau bibi yang pernah menderita endometriosis memiliki resiko untuk mengalami penyakit yang sama.

Penyakit endometriosis dapat diobati dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan mengkonsumsi obat-obatan yang membatasi aktivitas ovarium dan menghambat pertumbuhan sel-sel jaringan endometrium. Selain itu, pembedahan juga dapat dilakukan untuk membuang penyakit endometriosis yang tumbuh di dalam tubuh. Jika penyakit yang dialami sudah sangat parah, sebaiknya penderita melakukan histerektomi atau yang dikenal sebagai pengangkatan ovarium. Perhatikan juga efek samping yang ditimbulkan dari obat-obatan tersebut dan penderita juga dapar berkonsultasi dengan dokter untuk segera menangani penyakit endometriosis ini.

Anda suka dengan artikel Pengertian Endometriosis ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Definisi Pembangunan Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Endometriosis" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.