Membahas mengenai suatu peristiwa yang erat hubungannya dengan proses alam maupun kehidupan sangatlah menarik karena, peristiwa – peristiwa mengenai proses alamiah tersebut merupakan salah satu bukti dari tanda kekuasaan Tuhan. Salah satunya yang akan di bahas ialah peristiwa fotosintesis. Adalah proses peristiwa pembentukan karbohidrat dari karbon dioksida (CO2) serta air (H2O) dengan menggunakan bantuan sinar matahari. Tahukah anda bahwa hanya tumbuhan saja yang mampu melakukan proses fotosintesis. Hal ini dikarenakan karena tumbuhan memiliki sel – sel yang mengandung zat hijau daun (klorofil). Nah, dalam proses inilah cahaya matahari mampu diserap oleh zat hijau daun kemudian nantinya akan diubah menjadi energi kimia yang disimpan dalam bentuk karbohidrat.

Tanpa adanya proses fotosintesis, bisa jadi tidak ada namanya sebuah kehidupan sebab tidak mungkin adanya makanan ataupun oksigen yang mampu dihasilkan. Nah, padahal dari kedua sumber itulah kita mampu bertahan hidup. Seperti fungsi makanan yakni untuk proses pertumbuhan serta perkembangan. Sedangkan fungsi oksigen yakni untuk proses pernafasan. Dari kedua sumber inilah makhluk hidup bisa hidup. Sungguh kekuasaan Tuhan yang sangat luar biasa yang bisa di nikmati oleh makhluknya.
Adapun beberapa faktor yang mampu mempengaruhi peristiwa fotosintesis, yakni faktor internal maupun eksternal. Untuk lebih jelasnya lihat faktor dibawah ini:

Pengertian Fotosintesis

  • Konsentrasi CO2 di udara. Semakin tinggi konsentrasi CO2 maka proses fotosintesis akan meningkat
  • Korofil, semakin banyak jumlah klorofil pada daun maka semakin cepat pula proses berlangsungnya fotosintesis
  • Cahaya, cahaya diperlukan agar proses fotosintesis bisa berlangsung secara efektif
  • Air, merupakan bahan baku pada proses ini
  • Suhu, suhu yang stabil dan tidak terlalu tinggi maupun tidak terlalu rendah

Hasil dari proses fotosintesis ini berupa glukosa yang nantinya akan di edarkan keseluruh tubuh pada tumbuhan yakn melalui pembuluh tapis ( floem) yang akan disimpan sebagai cadangan makanan. Nah, cadangan makanan tersebut bisa disimpan pada bagian akar, daun, batang, atau dalam bentuk buah. Selain itu, hasil dari fotosintesis ini ialah berupa oksigen yang akan sangat berguna bagi hewan serta manusia untuk proses respirasi.

Anda suka dengan artikel Pengertian Fotosintesis ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian FlowChart. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Fotosintesis" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.