Tahukah anda apa itu herpes? Jika tidak tahu, pastiny anda tahu dengan penyakit cacar air? Benar sekali karena herpes merupakan nama lain dari penyakit cacar air. Penyakit herpes ini sebenarnya bukanlah hal yang baru bagi masyarakat kita sebab sebagian dari mereka pasti ada yang pernah mengalami sakit herpes atau cacar air. Walupun sifat penyakit ini hanyalah sementara akan tetapi tetap saja keberadaannya sangat mengganggu. Selain menimbulkan gatal, tidak boleh terkena air, penyakit ini juga sering meninggalkan bekas noda berwarna hitam sehingga, kita yang menderitanya sedikit malu.

Secara umum, penyakit ini merupakan jenis penyakit yang menyerang peradangan pada permukaan kulit. Biasanya ditandai dengan munculnya gelembung – gelembung berwarna merah dan berair. Nah, bagi si penderita biasanya akn mengalami beberapa gejala yakni hampir sama seperti flu yang ditandai dengan suhu tubuh meningkat, nyeri padakerongkongan, kepala pusing, merasa lelah, dan hampir menyerupai gejala demam. Nah, gejala – gejala tersebut biasanya sering menghadirkan mimpi buruk bagi penderitanya karena, sistem kekebalan tubuh yang terdapat pada tubuh si penderita terinfeksi. Selanjutnya, gejala herpes ini ditandai dengan munculnya seperti lepuhan – lepuhan kecil yang berkelompok pada permukaan kulit, selain itu juga turut dibarengi dengan rasa gatal serta panas. Penyakit ini akan lebih muncul jika terjadi iritasi, luka ataupun lecet.

Pengertian Herpes

Ada dua macam penyakit herpes yang sering diderita antara lain:

  • Herpes zoster, timbulnya gelembung yang berisi cairan hampir rata pada seluruh tubuh, nah, penyakit herpes zosterini disebabkan karena adanya virus varicella zoster.
  • Herpes genetalis, penyebabnya ialah karena adanya infeksi ataupun peradangan pada permukaan kulit, seperti pada bagian vagina, penis, pantat, serta selangkangan. Penyebab penyakit ini disebabkan karena adanya virus herpes simplek.

Akan tetapi, penyakit tersebut bisa kita hindari asalkan kita melakukan beberap penanganan khusus seperti contoh dibawah ini:

  1. Jagalan selalu kebersihan serta kesehatan terutama pada organ genetalia atau organ intim
  2. Jangan bergonta – ganti pasangan
  3. Gunakan selalu alat kontrasepsi karena dikhawatirkan pasangan terinfeksi PMS
  4. Gunakan selalu jarum suntik pada saat anda akan menerima pelayanan medis.

Anda suka dengan artikel Pengertian Herpes ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Fungsi Ilmu Kalam. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Herpes" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.