Membahas mengenai perkembangan sains pasti tidak terlepas dari yang namanya teknologi sebab, sain sendiri merupakan sebuah ilmu yang mempelajari alam semesta beserta seluruh isinya. Sedangkan teknologi merupakan sarana pendukung yang digunakan agar mampu memenuhi kebutuhan hidup umat manusia. Nah, antara sains dan teknologi ini, terbentuk dari hasil buah pemikiran dari manusia.

Adanya hubungan antara sains, teknologi dan manusia manandakan bahwa antara keduanya saling memiliki keterikatan satu sama lain. Bagaimana jadinya jika hasil penemuan dibidang sains tidak didukung oleh adanya perkembangan teknologi. Sebab, dengan teknologi hasil penemuan tersebut bisa dikembangkan serta direalisasikan agar bisa dinikmati olah masyarakat seperti saat ini. Misalnya saja, terdapat sebuah penomena atau contoh kasus mengenai alam semesta, tentu saja semua itu berkaitan erat dengan ilmu sains. Nah, uniknya teknologi juga turut mendukung agar terciptanya sebuah pengetahuan serta penemuan yang dilakukan oleh seseorang. Sehingga hasil penemuan tersebut bisa diperkenalkan serta dikembangkan melalui adanya perkembangan teknologi.

Hubungan Perkembangan Sains Dengan Perkembangan Teknologi

Sains sendiri memiliki arti sebagai suatu ilmu yang secara konsisten mengatur serta mempelajari sagala hal yang terdapat di alam semesta yang kita tempati ini. Sehingga mampu diuji serta dibuktikan kebenarannya. Sains ini hanya mampu dipelajari karena bentuknya tidak terwujud. Sedangkan teknologi, merupakan penerapan sains yang bisa kita gunakan sehari – hari dan bisa kita nikmati hingga saat ini.

Disatu sisi, sebenarnya perkembangan sains dan teknologi bisa bermanfaat dan membawa kebaikan. Sedangkan disisi lain, adanya perkembangan sains serta teknologi bisa menimbulkan dampak yang bisa dikatakan negatif. Misalnya saja yang terjadi pada bidang informasi dan komunikasi, bisa memfasilitasi seseorang untuk berbuat hal – hal yang tidak layak untuk dilakukan seperti penggunaan situs – situs tertentu. Contoh lain misalnya dibidang ekonomi serta industri. Semakin pesatnya perkembangan sains serta teknologi maka semakin besar pula kemungkinan seseorang tidak akan mendapatkan pekerjaan. Karena, tidak mempunyai kualifikasi yang diharapkan. Selain itu juga, masyarakat bisa menjadi lebih konsumtif akibat adanya persaingan yang sangat hebat di era globalisasi seperti saat ini.

Anda suka dengan artikel Hubungan Perkembangan Sains Dengan Perkembangan Teknologi ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Hewan Yang Bernafas Dengan Trakea. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Hubungan Perkembangan Sains Dengan Perkembangan Teknologi" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.