Saat menulis karangan kita dihadapkan pada pembentukan paragraf yang sesuai dengan tujuan kita membuat karangan tersebut. Pembentukan alinea juga bisa didasarkan pada bagaimana kita menempatkan pikiran utama yang menjadi pokok dari paragraf yang kita buat. Salah satu jenis paragraf yang kita kenal adalah paragraf deduktif dengan posisi pikiran utama berada pada awal alinea. Paragraf ini sangat banyak ditulis baik oleh penulis profesional maupun siapa saja yang ingin menciptakan karangan yang baik karena cukup mudah untuk mengembangan ide-ide lain.

Sedangkan jenis yang lain adalah induktif. Dibandingkan dengan jenis alinea sebelumnya, bentuk ini lebih sulit dibuat karena kita tidak secara langsung menuliskan pikiran utama namun justru menulis detail dan rincian dari ide yang kita miliki dan di akhir paragraf baru kita tuangkan ide pokoknya. Bentuk alinea ini biasanya hanya dibuat oleh penulis yang sudah berpengalaman. Ada juga paragraf yang merupakan gabungan dari deduktif dan induktif dimana pokok pikirannya ada di kalimat pertama dan terakhir dalam suatu paragraf.

Jenis – Jenis Paragraf

Paragraf ineratif merupakan paragraf yang ide pokoknya berada di tengah. Jika kita menjumpai soal dengan paragraf ini, memang akan sedikit sulit untuk menentukan kalimat pokoknya. Dibutuhkan ketelitian untuk bisa menemukannya. Jenis-jenis paragraf yang lain yaitu:

  • Paragraf deskripsi fungsinya untuk menggambarkan sesuatu.
  • Paragraf narasi ditujukan untuk menceritakan tentang sesuatu dan ditandai dengan adanya alur.
  • Paragraf eksposisi berisi tentang pemaparan atau penjelasan tentang suatu proses.
  • Paragraf argumentasi digunakan untuk menyatakan penadpat sekaligus meyakinkan pembaca tentang suatu isu.

Sebelum kita memilih bentuk paragraf yang akan kita kembangkan, kita harus menentukan terlebih dahulu ide pokok yang akan kita bangun beserta dengan ide-ide pendukungnya. Prinsip pembentukan paragraf yang baik adalah hanya terdiri dari 1 ide pokok. Jadi kita tidak boleh memunculkan ide baru yang berada di luar bahasan ide utama. Perhatikan juga pemakaian kata pada karangan jangan sampai memakai kata-kata yang tidak seusai dengan ejaan yang disempurnakan. Menulis paragraf tidak sulit asalkan kita mematuhi kaidah yang berlaku.

Anda suka dengan artikel Jenis – Jenis Paragraf ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Imunisasi Menurut Islam. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Jenis – Jenis Paragraf" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.