Jika membahas tentang transaksi keuangan, kita mengenal dua jenis uang yang bisa digunakan yaitu uang kartal dan uang giral. Uang kartal adalah uang logam dan kertas yang kita pakai untuk melakukan suatu transaksi. Keuntungan jika kita menggunakan jenis alat pembayaran ini adalah biaya untuk memproduksinya relatif murah serta sangat mudah digunakan dimanapun. Namun beberapa orang membutuhkan jumlah uang yang banyak untuk melakukan pembayaran sehingga uang kartal dianggap kurang fleksibel sehingga diciptakanlah uang giral.

Uang giral adalah alat pembayaran yang berupa tagihan kepada bank. Bentuknya sangat beragam yaitu giro, telegraphic transfer, dan cek. Cek merupakan salah satu instrumen pembayaran berupa surat perintah kepada suatu bank yang ditunjuk untuk mencairkan sejumlah dana kepada pemegang cek. Dengan menggunakan uang giral ini, Anda tidak perlu membawa uang dalam jumlah besar. Cukup dengan selembar kertas yang legal secara hukum, anda bisa bertransaksi dimanapun dan tetap dianggap sah oleh bank. Bagi penerima, mereka harus memperhatikan apakah cek tersebut memiliki batas waktu atau tidak sehingga tidak terlambat dalam mencairkannya.

Kelebihan dan Kelemahan Cek

Kelemahan jika kita menggunakan cek adalah pencairan yang dilakukan hanya boleh pada bank tertentu saja sehingga akan sedikit merepotkan jika bank yang dikehendaki tidak ada di daerah Anda. selain itu, kekurangan cek yang harus kita ketahui adalah:

  • Pemegang cek hanya bisa melakukan pencairan pada jam buka bank yang dituju.
  • Butuh waktu mencapai bank sehingga dana tidak bisa diterima secara langsung.
  • Rentan terjadi penipuan dengan cek kosong.

Cek kosong yang beredar sangat mengkhawatirkan para pebisnis yang umumnya bertransaksi dengan nominal yang cukup besar. Penggunaan cek memang lebih diperuntukkan bagi pembayaran DP (down payment) jika akan memesan sejumlah barang yang baru akan diproduksi setelah order diterima. Alternatif pembayaran yang lain adalah menggunakan jasa rekening bersama. Jadi dana akan masuk ke rekening pemilik barang jika pesanan sudah sampai kepada pembeli. Bagi penerima cek, hendaknya lebih berhati-hati terhdaap potensi penipuan dengan menggunakan cek kosong.

Anda suka dengan artikel Kelebihan Dan Kelemahan Cek ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Kelebihan Dan Kelemahan Atom Thomson. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Kelebihan Dan Kelemahan Cek" :