Firewall merupakan suatu mekanisme yang dipasangkan pada perangkat lunak (software) ataupun perangkat keras (hardware) sebagai sebuah sistem perlindungan. Perlidungan yang diterapkan bisa berupa saringan, penolakan ataupun pembatasan aktifitas pada jaringan. Untuk dapat melindungi sistem, firewal memiliki karakteristik tertentu yait  seluruh hubungan atau kegiatan dari dalam keluar haruslah melewati sistem firewall dan Hanya aktifitas  yang dikenal yang dapat melewati firewall. Karekteristik lainnya adalah suatu firewal haruslah benar-benar solid dan kuat menghadapi serangan. Teknik yang digunakan oleh firewal yaitu service kontrol atau kendali layanan, direction control atau kendali terhadap arah, user kontrol atau kontrol terhadap pengguna dan behaviour kontrol atau kendali terhadap prilaku.

Terdapat dua jenis firewal, yaitu firewall software dan firewall hardware. Software firewall merupakan program yang dijalankan pada background komputer yang mempu mengevalusai setiap permintaan jaringan dan menentukan valid atau tidaknya permintaan tersebut. Kelebihan yang dimiliki pada firewall software adalah harganya yang murah dan kemudahan konfigurasinya, sedang kekurangannya adalah adanya potensi inkompabilitas pada sistem operasi komputer, selain itu pengguna akan membutuhkan beberapa copy firewall untuk setiap jaringan yang berbeda.

Kelebihan dan Kelemahan Firewall

Adapun hardware firewall adalah firewal yang dipasangkan pada hardware komputer. Firewall ini menghubungkan komputer dengan modemnya. Kelebihan yang bisa didapat dari penggunaan hardware firewall antara lain adalah menyediakan perlindungan yang lebih menyeluruh dibanding dengan software firewal dan sebuah hardware firewall beroperasi secara independen tehadap software sehingga kinerja sistem tidak akan terganggu. Kekurangan penggunaan hardware firewall yaitu harganya yang terbilang lebih mahal dibanding software firewall selain itu kofigurasi hardware terbilang rumit.

Adapun kelebihan penggunaan firewall pada sistem jaringan secara umum adalah meningkatkan keamanan dan perlindungan jaringan komputer serta meningkatkna perormanya,. Firewall merupakan tumpuan untuk menfokuskan sistem keamanan jaringan. Firewall juga mampu membatasi akses antar komputer pada jaringan intranet. Kelebihan lain dari penggunaan firewal adalah kemampuannya untuk mencatat trafic jaringan secara efisien. Adapun kekurangan firewall secara umum yaitu tidak mampu melindungi jaringan dari malicious insider atau orang dalam. Selain itu firewall tidak akan mampu melindungi sistem dari koneksi yang tidak melewatinya serta tidak mampu melindungi sistem dari serangan virus sebab firewall sulit mengenali bahwa paket data yang lewat adalah virus dan tidak mampu menganalisa perubahan paket data akibat aktifitas virus.

Anda suka dengan artikel Kelebihan Dan Kelemahan Firewall ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Kelebihan Dan Kelemahan E-Learning. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Kelebihan Dan Kelemahan Firewall" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.