Perkembangan Islam di Dunia diawali dengan penyebaran agama Islam di Mekah dan Madinah oleh nabi Muhammad saw selama 13 tahun. Setelah itu, Islam menyebar ke seluruh penjuru dunia sebagai agama yang baru. Di Asia, perkembangan Islam dimulai di negara India, dimana banyak ditemukan kerajaan Islam dan bangunan-bangunan yang digunakan sebagai tempat ibadah. Pedagang-pedagang Islam dari India memiliki peran dalam perkembangan Islam karena mereka menyebarkan agama Islam di setiap negara-negara yang mereka datangi dalam perjalanan dagang mereka seperti Indonesia, Singapura, Malaysia dan sebagainya.

Pada tahun 1947, India akhirnya diberi kemerdekaan oleh Inggris dan menandai berakhirnya masa kejayaan Islam disana. Pada tahun yang sama, umat Islam di India mendirikan negara baru bernama Pakistan. Pakistan sangat berperan penting dalam perkembangan Islam di dunia. Disanalah dibentuk pengkajian tentang Islam dan intelektual muslim secara internasional serta penggunaan hukum Islam dalam pelaksanaan kepemerintahannya.

Makalah Perkembangan Islam Di Dunia

Di negara-negara ASEAN, terutama Indonesia, Islam dibawa oleh pedagang-pedagang dari India (Gujarat), Arab, dan Malabar. Penyebaran agama Islam ini berlangsung damai tanpa adanya paksaan. Perkembangan agama Islam sangat pesat di Indonesia berawal dari Kerajaan Samudera Pasai di Sumatera Utara, kemudian tersebar ke seluruh penjuru Indonesia. Ini terbukti dari berdirinya negara-negara Islam di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, jumlah penduduk beragama Islam menduduki posisi pertama di Indonesia, yakni sekitar 80%.

Perkembangan Islam di dunia juga ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi oleh para ilmuwan muslim. Muncul banyak ilmuwan muslim yang menguasai berbagai ilmu seperti ilmu kedokteran, ilmu kesenian, ilmu geometri, ilmu filsafat, ilmu fiqih, ilmu sejarah dan masih banyak lagi. Saat ini, agama Islam menjadi agama yang besar. Ada dua negara yang memiliki kekuatan besar Islam, yakni Indonesia dan Pakistan. Dengan adanya berbagai pertanda tersebut, banyak para pakar pendidikan, mahasiswa, maupun pelajar yang mengambil tema perkembangan Islam di dunia dalam pembuatan makalah. Hal ini disebabkan karena perkembangan Islam yang sangat pesat mulai dari penyebaran secara diam-diam oleh nabi Muhammad saw hingga dapat berjaya seperti saat ini.

Anda suka dengan artikel Makalah Perkembangan Islam Di Dunia ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Makalah HIV. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Makalah Perkembangan Islam Di Dunia" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.