Biologi mempelajari tentang kehidupan. Baik makhluk hidup, organisme, maupun lingkungan. Bioteknologi sebagai salah satu cabang dalam ilmu biologi memegang peran penting dalam peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat. Pemanfaatan bioteknologi digunakan untuk berbagai bidang, yaitu pertanian, peternakan, kedokteran, perikanan, dan industri yang kesemuanya itu berpengaruh pada kesejahteraan dan perekonomian masyarakat. Dengan adanya pemanfaatan ilmu biologi tersebut, kebutuhan manusia jadi terpenuhi dengan lebih baik. Bila dahulu saat terkena penyakit belum diketahui sebab dan obatnya, saat ini telah diketahui dan telah ada cara pencegahannya.

Di bidang pertanian, biologi dapat digunakan untuk meningkatkan hasil panen padi atau jagung misalnya, baik kualitas maupun kuantitas. Menghasilkan tanaman yang unik dengan cara vegetatif buatan. Dengan biologi, pembudidayaan tanaman pun berkembang pesat. Bidang peternakan juga diuntungkan karena dengan proses biologi, peternak dapat memiliki hewan ternak yang sehat, mudah berkembang biak, dan berkualitas. Kesemuanya itu akan mendatangkan materi yang cukup banyak bagi petani dan peternak sehingga kesejahteraan dan perekonomian juga meningkat.

Manfaat Biologi Dalam Bidang Ekonomi

Perkembangan biologi menjadi beberapa cabang seperti fisiologi manusia, virologi, anatomi, mikrobiologi dan patologi banyak membantu dokter dalam memahami sebab dari berbagai penyakit. Berkat cabang ilmu biologi yaitu virologi, vaksin telah dibuat untuk mencegah perkembangan virus agar tidak semakin menyebar. Transplantasi (pencangkokan) juga telah dapat dilakukan apabila terjadi kerusakan pada organ manusia maupun hewan berkat ilmu biologi ini. Apabila masyarakat bebas dari penyakit dan dapat sembuh daripadanya, mereka dapat bekerja dan menghasilkan uang demi mencukupi kebutuhan hidup mereka. Dengan begitu, kesejahteraan dan perekonomian dapat tercapai.

Dalam perindustrian, ilmu biologi beserta cabang-cabang ilmunya sangat membantu dalam menyejahterakan masyarakat. Dahulu bila ingin menjual buah-buahan, setelah dipetik, buah tersebut langsung dibawa ke pasar untuk dijual. Namun sekarang, kita dapat menikmati kesegaran buah dengan berbagai cara. Ada yang disajikan berupa jus buah yang disimpan dalam botol-botol plastik, selai buah sebagai pendamping makan roti, serta buah kaleng yang digunakan sebagai campuran koktail. Itulah sebab mengapa hingga saat ini para ilmuwan masih terus mempelajari ilmu biologi, karena memang manfaat yang didapat sangat banyak.

Anda suka dengan artikel Manfaat Biologi Dalam Bidang Ekonomi ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Makalah Perkembangan Islam Di Dunia. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Manfaat Biologi Dalam Bidang Ekonomi" :