Sejatinya Allah SWT menakdirkan manusia untuk hidup berpasang-pasangan. Namun, bagaimana cara Allah memberikan kita pasangan? Dalam masalah jodoh, Allah memberi tiga jenis takdir kepada manusia, yaitu: pertama, mendapat jodoh dengan waktu yang cepat; kedua, jodoh datang dengan waktu yang cukup lama tetapi suatu saat pasti akan dipertemukan jodohnya; ketiga, Allah tidak memberikan kita jodoh di dunia namun menyiapkan jodoh untuk kita di akhirat. Apapun takdir yang diberikan oleh Allah itu pasti yang terbaik bagi kita. Akan tetapi, setiap manusia diperbolehkan untuk berusaha mencari jodohnya selama masih hidup.

Sebagai seorang muslim, Anda diharuskan untuk meminta petunjuk Allah SWT untuk memperoleh jodoh yang tepat. Jika menurut mata manusia tentu jodohnya hanya berdasarkan keinginan duniawi saja, semua hal duniawi tentu bersifat sementara saja. Maka Anda harus mengikuti ikhtiar berikut yang biasa dilakukan oleh seorang muslim dalam mencari jodoh:

Menurut Islam Apakah Jodoh Harus Dicari?

  • Shalat dan membaca doa untuk memperoleh jodoh yang tepat

Lakukan shalat untuk meminta petunjuk jodoh kepada Allah. Bacalah doa yang dapat menuntun Anda untuk memperoleh jodoh: “Ya Allah, berilah anugrah kepada kami isteri-isteri dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa” seperti yang ada dalam surat Al Furqon : 74

  • Beribadah sunnah

Ketika kita menginginkan sesuatu dari Allah, kita harus memberikan bakti kita sebagai umat muslim kepada Allah SWT. Anda dapat melakukan ibadah sunnah ini dengan teratur dan tidak bolong agar doa cepat dikabulkan oleh Allah.

  • Introspeksi diri

Benahi terdahulu apa yang kurang dari diri Anda baik sifat, perilaku maupun fisik sebelum mencari jodoh. Jadilah orang yang sholeh/sholehah niscaya Allah akan memberi pasangan yang sesuai dengan Anda.

  • Minta bantuan dari teman dan keluarga

Jika Anda tidak kunjung mendapat jodoh, mintalah bantuan keluarga atau teman untuk mencarikan pasangan yang baik untuk Anda.

Sebagai umat muslim, kita harus senantiasa menantikan jawaban dari Allah dan menerima segala takdir yang ditentukan-Nya. Namun, Allah juga mengizinkan kita untuk berusaha mencari jodoh, hasilnya pun kembali lagi kepada kehendak Allah SWT.

Anda suka dengan artikel Menurut Islam Apakah Jodoh Harus Dicari? ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Menurut Islam Apakah Alien Itu Ada?. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Menurut Islam Apakah Jodoh Harus Dicari?" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi. jodoh apa yang dicari,