Berbicara tetang akhlak pasti akan erat kaitannya dengan prilaku seseorang karena akhlak seseorang bisa kita lihat dari prilakunya. Menurut bahasa, akhlak berasal dari kata khulqun yang artinya budi. Yakni sesuatu yang tersimpan didalm sanubari, halus, serta sulit untuk ditebak, akan tetapi, mempunyai kekuatan yang cukup besar terhadap pola prilaku mengenai perbuatan manusia. Atau bisa juga dikatakan khulqun mempunyai arti sebagai perbuatan – perbuatan dari lahir.

Sedangkan akhlak menurut istilah merupakan tingkah laku yang ada sejak lahir yang diperbuat oleh seseorang dengan cara yang spontan yakni sebagai manifestasi pencerminan, serta refleksi dari jiwa serta batin atau hati seseorang. Kata akhlak bisa dikatakan dengan istilah adab. Nah, adab sendiri lebih sering kita dengar sebagai kata ganti dari akhlak. Adab serta akhlak keduanya ini bersumber dari Rasulullah SAW, sehingga istilah keduanya ini sering disama artikan. Sedangkan dalam bahasa yunani, khuluqun memiliki istilah sebagi ethos atau ethicos yang memiliki arti kebiasaan.

Pengertian Akhlak Menurut Bahasa Dan Istilah

Adapun beberapa pendapat mengenai akhlak menurut para ahli siantaranya:

  1. Abu Hamid Al Ghazali: akhlak merupakan satu sifat yang tertanam dalam jiwa yang ada sejak lahir. Yang mana lahir perbuatan – perbuatan mudah tanpa memikirkannya.
  2. Muhammad Ali Asy Al Jurjani: akhlak merupakan suatu sifat yang terdiri dari sifat baik serta buruk yang ada sejak lahir dalam dirinya
  3. Ahmad bin Musthafa: akhlak merupakan suatu ilmu yang dapat diketahui keutamaan. Nah, keutamaan inilah yang mampu mewujudkan tiga kekuatan yakni kekuatan berfikir, kekuatan syahwat serta kekuatan marah.
  4. Ibnu Maskawaih: akhlak merupakan sifat yang sudah tertanam dalam jiwa yang mampu mendorong untuk melakukan segala perbuatan tanpa perlu memerlukan pemikiran serta pertimbangan.

Jadi, dari pendapat para ahli diatas sebenarnya tidak ada perbedaan yang cukup mencolok mengenai pengertian akhlak. Akhlak ini biasanya lebih merujuk pada kebiasaan yang sering dilakukan. Dengan kata lain, jika kebiasaan tersebut sering kita lakukan maka hal tersebut bisa dinamakan dengan akhlak. Nah, akhlak ini bisa kita lihat dengan mudah yakni dengan memperhatikan apa yang sering dilakukan sehari – hari.

Anda suka dengan artikel Pengertian Akhlak Menurut Bahasa Dan Istilah ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Agama Menurut Bahasa Dan Istilah. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Akhlak Menurut Bahasa Dan Istilah" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.