Berbicara mengenai akhlak tentulah sangat menarik karena hal tersebut bisa membentuk sebuah kepribadian seseorang. nah, kepribadian inilah tercermin dalam tingkah laku perbuatan kita sehari – hari. Menurut bahasa, akhlak merupakan kebiasaan, tingkah laku, budi pekerti yang tertanam sejak lahir sedangkan menurut istilah, akhlak merupakan suatu perbuatan yang mencerminkan tingkah laku perbuatan seseorang baik itu yang buruk maupun yang baik. Akhlak merupakan suatu perilaku yang bisa kita lihat dengan jelas dari diri seseorang karena, akhlak tersebut tercermin dari apa yang dialakukan sehari – hari seperti kebiasaan.

Ada dua akhlak yang dimiliki oleh manusia yakni akhlak tercela serta akhlak terpuji. Akhlak tercela merupakan suatu perbuatan yang tidak dianjurkan untuk dilakukan karena hal tersebut bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain. Sedangkan akhlak terpuji merupakan sikap yang segala sesuatunya di aplikasikan dengan baik seperti perkataan, perbuatan, maupun tingkah laku. Selain itu, akhlak terpuji ini sesuai dengan apa yang telah dianjurkan agama karena sikap ini mampu memberikan kedamaian baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Pengertian Akhlak Terpuji Menurut Bahasa dan Istilah

Adapun beberapa contoh dari akhlak terpuji yang bisa kita lakukan agar hidup terasa tenang dan damai diantaranya:

  1. Sifat ihklas, walupun sangat sulit dilakukan ikhlas ini sangat berpengaruh dalam kehidupan karena akan membuat kita selalu berpikir positif serta mampu memberikan kedamaian batin.
  2. Sifat amanah, bisa dikatakan sebuah kepercayaan yang diberikan orang lain kepada kita. Saat ini, sifat amanah ini jarang sekali dimiliki orang lain karena banyak sekali hal yang terjadi seperti yang dialami oleh wakil rakyat yakni krisis amanah.
  3. Sifat adil, berprilaku adil sangat penting untuk dilakukan jika dihadapkan pada suatu pilihan. Dengan kata lain diperlukan sikap bijaksana pada saat akan melakuakn hal tersebut.

Dari beberapa contoh sifat terpuji diatas menggambarkan bahwa, sifat ini sangat berpengaruh baik untuk diri sendiri maupun lingkungan. Sifat terpuji ini merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki seseorang karena hal tersebut bisa membawa kebaikan bagi orang disekelilingnya. Nah, agar kita bisa mempunyai sifat terpuji tersebut maka ada baiknya untuk mematuhi aturan apa yang telah agama contohkan.

Anda suka dengan artikel Pengertian Akhlak Terpuji Menurut Bahasa Dan Istilah ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Akhlak Tercela Menurut Bahasa Dan Istilah. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Akhlak Terpuji Menurut Bahasa Dan Istilah" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.