Berbicara adalah salah satu kelebihan manusia dibanding makhluk hidup yang lain. Menurut Tarigan, setiap orang akan mengucapkan kata-kata atau bunyi-bunyi artikulasi untuk mengekspresikan dan menyampaikan gagasan, pikiran, dan perasaan. Berbicara menjadi salah satu alat komunikasi untuk menyampaikan sesuatu kepada pendengarnya. Arsjad dan Mukti U.S juga mengemukakan pendapat yang sama dengan Tarigan.

Haryadi dan Zamzani mengemukakan hal yang sama dengan Tarigan, Arsjad dan Mukti mengenai pengertian berbicara. Namun Haryadi dan Zamzani menekankan bahwa dalam penyampaian gagasan, pikiran dan perasaan menggunakan bahasa lisan dengan tujuan agar maksud dari pembicara dapat dipahami oleh pendengar. Menurut Tarigan, berbicara di muka umum terdiri dari empat jenis.

Pengertian Berbicara Menurut Para Ahli

  • Berbicara dalam situasi yang bersifat memberitahukan atau bersifat informatif
  • Berbicara dalam situasi kekeluargaan dan persahabatan
  • Berbicara dalam situasi mengajak, membujuk, mendesak, dan meyakinkan
  • Berbicara dalam situasi yang bersifat berunding dengan hati-hati dan tenang

Hartono berpendapat bahwa keterampilan berbicara dikelompokkan menjadi dua, yakni berbicara perorangan dan berbicara kelompok baik secara langsung maupun tidak langsung. Keterampilan berbicara juga dapat dikelompokkan berdasarkan kegiatan yang dilakukan, yakni memberi perintah, berpidato, memberi nasehat, mengajar, memberi saran, serta berunding. Dalam berbicara, seseorang pasti memiliki tujuan, yaitu untuk memberi dorongan, bertindak dan berbuat, menanamkan keyakinan, memberi informasi dan memberikan kesenangan. Memberikan kesenangan berarti pembicara bermaksud untuk membangkitkan suasana dan menimbulkan keceriaan ketika berada dalam suatu pertemuan.

Dapat disimpulkan bahwa berbicara adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang yang mengucapkan kata-kata untuk menyatakan dan mengekspresikan pemikiran, gagasan dan perasaan kepada sekelompok orang atau individu sebagai pendengar. Berbicara memiliki tujuan yang bermacam-macam. Keterampilan dalam berbicara juga dibagi berdasarkan jumlah pendengar atau penyimak, serta kegiatan yang dilakukan. Keterampilan dalam berbicara harus selalu ditingkatkan, dengan begitu, kita dapat berkomunikasi dengan baik dan menyampaikan pikiran kita dengan baik. Cara untuk meningkatkan keterampilan dalam berbicara yaitu dengan meningkatkan rasa percaya diri dan sering berlatih berbicara di depan umum.

Anda suka dengan artikel Pengertian Berbicara Menurut Para Ahli ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Bank Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Berbicara Menurut Para Ahli" :