Di zaman serba modern seperti sekarang, budaya di Indonesia semakin tergeser kedudukannya karena kedatangan budaya asing. Dengan makin meningkatnya krisis globalisasi di Indonesia, pengaruh budaya asing berkembang sangat cepat. Tak hanya perilaku masyarakat, gaya berpakaian dan tutur bahasanya juga telah tercampur dengan budaya asing. Adanya penyerapan unsur budaya asing yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya ketimpangan budaya karena masyarakat yang tak mampu menahan pengaruh dari budaya itu.

Menurut Soerjono Soekanto, datangnya budaya asing ke Indonesia dapat menimbulkan pengaruh baik positif maupun negatif.

Pengertian Budaya Asing Menurut Para Ahli

  • Pengaruh positif

Budaya asing yang membawa pengaruh positif bagi Indonesia salah satunya yaitu pembangunan nasional. Pembangunan yang semakin berkembang dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian bangsa serta terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur.

  • Pengaruh negatif

Budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya di Indonesia akan membawa pengaruh negatif bagi masyarakat. Budaya asing yang berupa perilaku, etika, cara berpakaian, dan pergaulan dapat menyebabkan timbulnya kerusakan lingkungan hidup, kesenjangan sosial, kenakalan remaja, serta kriminalitas.

Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat dan canggih, masyarakat disuguhi beragam jenis hiburan dan informasi yang mungkin jauh lebih menarik daripada pertunjukan seni dan budaya khas Indonesia. Hiburan dan informasi ini dapat berupa siaran televisi, radio, internet dan surat kabar. Kondisi seperti ini menyebabkan makin bergesernya seni dan budaya Indonesia dan digantikan oleh budaya asing.

Indonesia sebagai negara berkembang masih terlalu lemah dalam menyaring kebudayaan yang masuk. Budaya asing yang masuk seharusnya dipilah-pilah terlebih dahulu. Mana yang baik dan dapat diterapkan serta sesuai dengan nilai-nilai budaya Indonesia sangat baik untuk diambil. Sedangkan budaya asing yang sekiranya dapat memberi pengaruh negatif bagi masyarakat terutama generasi muda sebaiknya kita tolak. Sayangnya, kurangnya kesadaran masyarakat akan membawa mereka untuk memilih budaya asing yang lebih mudah dan sederhana dibanding budaya lokal. Selain itu, sebagai warga negara yang baik seharusnya kita selalu merasa bangga terhadap beragamnya budaya lokal di Indonesia, karena itu adalah identitas bangsa. Kalau bukan kita yang menjaganya, siapa lagi?

Anda suka dengan artikel Pengertian Budaya Asing Menurut Para Ahli ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Bijaksana Menurut Islam. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Budaya Asing Menurut Para Ahli" :