Karangan adalah pengungkapan gagasan atau ide dalam sebuah karya tulis untuk dipahami oleh pembaca. Karangan terdiri dari karangan fiksi dan karangan nonfiksi. Karangan fiksi adalah karangan yang dibuat dengan menggunakan sisi imajinatif dari pengarang. Contohnya adalah dongeng dan cerita pendek.  Sedangkan karangan nonfiksi adalah karangan yang dibuat berdasarkan suatu kejadian atau realita yang benar-benar terjadi. Karangan nonfiksi dibagi menjadi karangan ilmiah dan karangan informatif.

Karangan ilmiah merupakan karangan yang dibuat berdasarkan hasil pengamatan atau penelitian. Cara penulisannya memiliki struktur dan aturan tersendiri yang dibuat dan ditaati oleh masyarakat ilmiah. Karangan ilmiah ini harus mengungkapkan fakta-fakta yang didapat dari penelitian tanpa menambah maupun mengurangi hasilnya. Biasanya karangan ilmiah mencantumkan kesimpulan agar pembaca dapat lebih mudah memahami isi karangan. Ciri-ciri karangan ilmiah adalah tidak persuasif, tidak argumentatif, objektif, sistematis, dan teratur. Hal ini menyebabkan karangan ilmiah tidak begitu menarik dan kemungkinan pembaca akan merasa bosan.

Pengertian dan Definisi Karangan

Karangan informatif adalah karangan yang berisi tentang informasi atas suatu objek atau peristiwa untuk memperluas pengetahuan pembaca. Karangan informatif merupakan bagian dari karangan nonfiksi yang berarti karangan ini dibuat tanpa menggunakan imajinasi pengarang. Jadi tidak ada karangan yang dibuat-buat untuk menarik pembaca. Karangan informatif biasanya terdapat dalam berita-berita koran yang menghadirkan fakta dan realita yang nyata.

Karangan ada beragam jenisnya, mulai dari narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi. Narasi adalah karangan yang dibuat berdasarkan urutan waktu terjadinya suatu peristiwa. Latar atau setting yang ada pada narasi biasanya digambarkan secara hidup dan juga terperinci. Deskripsi adalah karangan dimana pembaca dapat merasakan, melihat, dan mengalami peristiwa itu sendiri. Karangan deskripsi bersifat objektif agar dapat menggambarkan peristiwa dengan baik. Eksposisi adalah karangan yang bertujuan untuk memberikan keterangan dan memaparkan suatu hal sejelas-jelasnya. Argumentasi adalah karangan yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar percaya pada suatu hal yang diungkapkan pengarang. Disini pengarang akan menggunakan bukti dan contoh nyata agar semakin meyakinkan pembaca. Persuasi adalah karangan yang bertujuan untuk membujuk pembaca agar mengikuti apa yang diinginkan oleh pengarang.

Anda suka dengan artikel Pengertian Dan Definisi Karangan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Bukan Warga Negara. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Dan Definisi Karangan" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.