Kata paragraf berasal dari kata paragraphos yang berasal dari bahasa Yunani. Kata ini berarti “menulis di samping”. Paragraf merupakan susunan dari beberapa kalimat yang mengandung ide dan gagasan utama. Biasanya sebuah paragraf diawali dengan kalimat yang menjorok ke bagian dalam. Sebuah paragraf terdiri dari sebuah kalimat utama dan dilengkapi dengan beberapa kalimat penjelas. Namun tak jarang pula ditemui sebuah paragraf yang hanya terdiri dari satu kalimat. Paragraf seperti ini bukan merupakan paragraf yang ideal.

Seluruh kalimat yang ada pada suatu paragraf harus saling bertautan. Kalimat-kalimat penjelas harus mendukung kalimat utama sehingga terbentuk paragraf yang efektif.  Suatu paragraf yang efektif itu harus memiliki kesatuan dan kepaduan paragraf. Kesatuan paragraf berarti kalimat utama atau gagasan pokok hanya ada satu. Bila ada kalimat penjelas yang tidak berhubungan dengan kalimat utamanya, berarti terdapat lebih dari satu gagasan pokok pada paragraf tersebut. Sedangkan kepaduan paragraf adalah penggunaan kalimat-kalimat yang enak dibaca. Penggunaan kata ganti dan kata sambung juga harus tepat agar tidak menimbulkan salah pengertian.

Pengertian dan Definisi Paragraf

Paragraf dapat dikatakan bentuk mini dari sebuah karangan. Jenis-jenis paragraf berdasarkan informasi yang disampaikan juga sama dengan karangan yang terbagi menjadi paragraf narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi dan persuasi. Namun paragraf dapat dibagi menjadi empat berdasarkan letak kalimat utamanya, yakni paragraf deduktif, paragraf induktif, paragraf deduktif-induktif, dan paragraf penuh kalimat topik. Apabila kalimat utama terdapat di awal paragraf kemudian diikuti dengan kalimat penjelas, paragraf ini termasuk jenis paragraf deduktif. Paragraf induktif meletakkan kalimat utamanya di akhir paragraf. Untuk paragraf deduktif-induktif, kalimat utama terletak pada awal dan akhir paragraf. Sedangkan paragraf penuh kalimat topik memiliki kalimat-kalimat yang sama penting, sehingga sulit untuk menentukan kalimat utama.

Suatu paragraf dapat pula dibagi berdasarkan fungsinya di dalam sebuah karangan. Terdapat paragraf pembuka yang berisi tentang pengenalan pokok bahasan dalam suatu karangan dan hal-hal yang dapat menarik minat pembaca. Kemudian disusul dengan paragraf pengembang yang berisi pokok bahasan suatu karangan. Yang terakhir adalah kalimat penutup yang berisi simpulan dari keseluruhan karangan.

Anda suka dengan artikel Pengertian Dan Definisi Paragraf ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Dan Definisi Karangan. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Dan Definisi Paragraf" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi. contoh kepaduan paragraf,