Indonesia merupakan salah satu negara yang menggunakan sistem demokrasi dalam pemerintahannya. Demokrasi sendiri berasal dari bahasa Yunani “demos” yang artinya rakyat, dan “kratos” yang artinya kekuasaan. Jika digabungkan kedua kata tersebut membentuk arti kekuasaan rakyat. Ini artinya demokrasi adalah system pemerintahan dimana rakyat memiliki kekuasaan tertinggi.Jalannya pemerintahan dijalankan oleh pemerintah atas nama kedaulatan rakyatnya. Secara umumnya hal ini juga biasa disebut dengan istilah pemerintahan rakyat.

Di dunia, tidak hanya Indonesia yang menganut sistem demokrasi. Beberapa negara yang juga menganut sistem ini adalah Denmark, Norwegia, Swedia, Islandia, dan masih banyak lainnya. Menurut beberapa ahli, pengertian demokrasi dijelaskan dengan bahsa yang berbeda. Tetapi secara umum intinya adalah sama. Di bawah ini adalah contoh pendapat para ahli mengenai demokrasi.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

  • Sidney Hook

Ia menyatakan bahwa demokrasi merupakan suatu sistem pemerintahan dimana pengambilan keputusan yang penting akan berdasar pada keputusan mayoritas rakyat yang sudah dewasa.

  • Hans Kelsen

Ia berpendapat, demokrasi merupakan sistem oleh dan untuk rakyat. Yang menjalankan adalah wakil rakyat yang telah dipercaya dan dipilih oleh rakyat.

  • John L Esposito

Ia berkata bahwa demokrasi merupakan sistem dari dan untuk rakyat. Untuk itu rakyat juga berhak untuk berpartisipasi aktif dan juga sebagai pengontrol.

Budaya demokrasi telah ada di Indonesia sejak dulu. Budaya demokrasi sendiri memiliki makna tentang bagaimana kemampuan akal rakyat dalam menjalankan demokrasi. Pengertian mengenai budaya demokrasi dapat ditinjau dari tiga sudut, yaitu budaya demokrasi formal, wajah, dan substansi. Budaya demokrasi formal hanya melihat dari ada atau tidak lembaga perwakilan rakyat. Budaya demokrasi wajah maksudnya adalah demokrasi yang hanya terlihat di luar, tetapi di dalamnya sama sekali tidak ada sistem demokrasi. Sedangkan secara substansi, demokrasi ini benar dijalankan dengan cara memberikan kesempatan kepada rakyatnya tanpa memandang apapun.

Demokrasi emmiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun beberapa kelebihannya adalah:

  • Adanya kesempatan untuk melakukan perubahan pada tubuh pemerintahan tanpa harus dengan kekerasan.
  • Rakyat diberikan kesempatan untuk berpartisipasi, sehingga dapat menjadikan rasa memiliki negaranya lebih kuat.
  • Pemindahan suatu kekuasaan dapat dilaksanakan melalui pemilu dimana rakyat ikut berperan aktif dalam memilih.

Sedangkan kekurangannya antara lain:

  • Jalannya pemerintahan kurang focus ketika sudah mendekati masa-masa pemilu
  • Rakyat bisa saja melakukan kesalahan dalam memilih wakil rakyatnya.
  • Dalam pemilihan, suatu massa akan dapat mempengaruhi keputusan orang lain.

Anda suka dengan artikel Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Database Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.