Ilmu merupakan satu hal yang sangat penting dalam proses perkembangan kehidupan manusia. Bayangkan saja jika manusia tidak mengenal ilmu, tentu saja peradaban manusia tidak akan seperti yang nampak saat ini. Kemajuan bidang tehnologi, pangan, ekonomi, pembangunan, kesehatan, dan sebagainya dapat berkembang karena adanya ilmu. Masing-masing bidang diolah dan dikembangkan sesuai dengan disiplin ilmu yang berkaitan. Misalnya untuk mengolah bidang ekonomi dan mengembangkannya, manusia membutuhkan disiplin ilmu ekonomi mikro,ekonomi makro, dll.

Menurut Shapere, pada dasarnya konsep mengenai ilmu itu mencakup 3 hal penting yaitu dapat disistematisasi, dapat digeneralkan, dan rasional. Lain halnya dengan Schulz, ia menyatakan bahwa ilmu merupakan interpretasi dari hal yang subjektif dengan konsistensi terhadap realita sosial yang ada. Sedangkan menurut Nazir, ilmu merupakan sesuatu yang sistematis, dapat untuk menyimpulkan dalil tertentu dari kaidah umum, dan juga merupakan pengetahuan yang sifatnya umum. Artinya, ilmu merupakan bagian dari pengetahuan yang dapat dikembangkan oleh manusia melalui berbagai pendekatan dan metode. Dalam ilmu, ada berbagai cabang ilmu yang berada di dalamnya. Cabang ilmu ini dikembangkan sesuai dengan disiplin ilmunya masing-masing.

Pengertian Disiplin Ilmu Menurut Para Ahli

Ada beberapa syarat agar suatu pengetahuan dapat dikatakan sebagai ilmu, yaitu:

  • Adanya suatu obyek yang diamati atau diteliti

Obyek yang akan diamati dapat berupa objek manusia maupun yang berkaitan dengan alam. Lorens mengatakan bahwa ada dua jenis obyek, yaitu obyek material dan formal. Yang menunjukkan suatu ilmu adalah obyek formalnya, sedangkan obyek materialnya dapat dikaji dengan disiplin ilmu yang lain.

  • Adanya suatu metode

Untuk mendapatkan sebuah ilmu dibutuhkan suatu pendekatan atau metode. Metode inisering dikenal dengan istilah metode ilmiah. Almack menyatakan bahwa metode ilmiah merupakan suatu cara untuk menerapkan prinsip logis pada penemuan pengesahan, serta penjelasan kebenaran.

  • Pokok permasalahan

Ilmu menunjukkan adanya suatu pokok bahasan atau permasalahan yang dikaji.
Berbagai disiplin ilmu yang ada dalam setiap cabang ilmu akan sangat membantu manusia dalam memperlajari fenomena alam, manusia, serta mehkluk hidup lainnya. Bahkan manusia juga bisa mempelajari berbagai benda mati yang memiliki siklus tertentu. Melalui berbagai disiplin ilmu, manusia dapat mengembangkan kualitas hidup mereka. Itulah mengapa ilmu sangat penting bagi kehidupan manusia.

Anda suka dengan artikel Pengertian Disiplin Ilmu Menurut Para Ahli ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Demonstrasi Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Disiplin Ilmu Menurut Para Ahli" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.