Seperti yang kita kenal, ekologi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya. Pada tahun 1869, seorang ahli biologi yaitu Ernest Haeckel menerangkan bahwa ekologi merupakan asal kata dari bahasa Yunani, yakni oikos dan logos. Oikos adalah rumah dan logos adalah ilmu. Sehingga jika diartikan berdasarkan kata penggabungnya, ekologi yaitu ilmu tentang kehidupan makhluk hidup dengan rumahnya. Dan menurut Ernest Haeckel, ekologi adalah ilmu yang mempelajari seluk-beluk hubungan antara komponen organik dan anorganik di sekitarnya.

Berbeda dengan ilmu lainnya, ekologi menitik beratkan permasalahan atau pembahasan mengenai hubungan yang terjadi dan ada di sekitar kita. Hubungan tersebut dibedakan menjadi beberapa ruang lingkup, diantaranya yaitu:

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli

  • Populasi, yaitu kelompok individu yang mempunyai persamaan genetic dan hidup bersama dalam satu tempat.
  • Komunitas, yaitu kumpulan populasi yang berada dalam suatu tempat yang sama.
  • Ekosistem, yaitu hubungan timbal balik yang terjadi antara semua unsur, yaitu unsur hayati atau makhluk hidup dan juga unsur non hayati.

Unsur hayati atau makhluk hidup biasa disebut dengan biotik, sedangkan unsur non hayati biasa disebut dengan abiotik. Biotik meliputi seluruh makhluk hidup, mulai dari manusia, hewan dan juga tumbuhan. Sedangkan, abiotik adalah komponen tak bernyawa yang ada di dalam suatu lingkungan, terdiri dari air, suhu, tanah, udara, angin, cahaya matahari dan juga bebatuan. Hubungan antara kedua jenis unsur tersebut akan menciptakan interaksi, keharmonisan dan juga saling ketergantungan satu sama lain. Hal itulah yang dipelajari melalui ilmu ekologi.

Selain ketiga ruang lingkup tersebut, ada juga ekosistem global yang disebut dengan biosfer. Biosfer ini merupakan lingkup yang sangat kompleks di dalam ilmu ekologi. Dengan mempelajari keseluruhan ilmu ekologi, maka setiap orang akan mengerti betapa pentingnya hubungan yang terjalin antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Bahkan para ahli menyebutkan bahwa ekologi juga merupakan ilmu yang membahas tentang transaksi dan perputaran materi energy di alam yang dilakukan atas hubungan antara makhluk hidup dengan seluruh komponen lingkungan tersebut.

Anda suka dengan artikel Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Efek Rumah Kaca Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.