Setiap makhluk hidup mengalami evolusi dari waktu ke waktu. Evolusi merupakan suatu bentuk adaptasi makhluk hidup yang terjadi secara perlahan. Manusia sebagai golongan makhluk yang memiliki tingkat kecerdasan paling tinggi juga tidak luput dari proses evolusi. Pada jaman dahulu, manusia purba memiliki bentuk fisik yang sangat berbeda dari manusia sekarang. Perubahan fisik ini terjadi secara perlahan dan akhirnya terbentuklah tubuh manusia seperti saat ini. Ada beberapa teori evolusi yang berkembang dan yang paling dikenal adalah teori Charles Robert Darwin dan Jean Baptiste Lamarck.

Kedua ilmuan tersebut menggunakan jerapah berleher panjang sebagai bukti adanya evolusi. Darwin berpendapat bahwa jerapah berleher panjang adalah hasil dari seleksi alam. Pada mulanya jerapah memiliki panjang leher yang bervariasi namun lama kelamaan daun yang dimakan semakin sedikit dan hanya tersisa di bagian atas pohon. Kejadian ini membuat jerapah leher pendek kekurangan makanan dan mati sehingga yang tersisa adalah jerapah leher panjang yang kita kenal saat ini.

Pengertian Evolusi Menurut Para Ahli

Sedangkan menurut Lamarck, jerapah leher panjang didapatkan dari proses adaptasi dimana jerapah leher pendek secara terus-menerus berusaha menggapai daun yang tinggi sehingga anatomi tubuhnya berubah dan transformasi ini diwariskan kepada keturunannya. Teori Lamarck memiliki sejumlah kelebihan yaitu:

  • Dapat menjelaskan keterkaitan antara faktor lingkungan dengan evolusi.
  • Lamarck merupakan pencetus teori tentang evolusi organik.
  • Membuktikan adanya hubungan lingkungan dengan genotipe makhluk hidup.

Teori yang ditemukan oleh Lamarck dibantah oleh ilmuan lain yaitu Weismann. Dia menyatakan bahwa perubahan fisik tidak diturunkan kepada generasi selanjutnya dan dibuktikan dengan percobaan 2 tikus yang dipotong ekornya dan lalu dikawinkan. Anak tikus yang dihasilkan tetap memiliki ekor. Teori evolusi sudah mengalami perkembangan yang semakin maju. Sampai saat ini Charles Darwin masih menjadi bapak evolusi dengan teori evolusi yang dipengaruhi seleksi alam. Dengan adanya seleksi, maka didapatkan makhluk hidup yang kita lihat sekarang. Kepunahan dinosaurus adalah bukti makhluk hidup yang tidak bisa melewati seleksi alam dengan baik dan akhirnya punah.

Anda suka dengan artikel Pengertian Evolusi Menurut Para Ahli ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Evaluasi Pembelajaran Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Evolusi Menurut Para Ahli" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.