Kata ideologi pertama kali dikenalkan oleh Destutt de Tracy yang mengartikan ideologi sebagai rangkaian program yang diciptakan untuk mengubah suatu masyarakat secara institusional atau kelembagaan. Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki nilai dan adat istiadat yang beragam sehingga dibutuhkan satu ideologi untuk menyatukannya tanpa menghilangkan ciri khas dari masing-masing daerah. Para pendiri negara akhirnya bersepakat untuk merumuskan ideologi pancasila sebagai satu-satunya konsep dan landasan hidup berbangsa dan bernegara.

Pancasila sebagai ideologi terbuka memenuhi kriteria yaitu nilai-nilai yang ada di dalamnya didapatkan dari bangsa Indonesia dan dapat langsung diterapkan dalam aspek kehidupan sehari-hari. Dalam pengambilan keputusan, kita dianjurkan untuk mengamalkan pancasila sila ke-4 yaitu dengan mengadakan musyawarah mufakat. Metode ini dianggap paling baik diantara yang lainnya karena tidak akan memicu perpecahan dan dapat menjaga keutuhan kelompok yang saling berbeda pendapat. Musyawarah juga tidak mengucilkan kelompok minoritas seperti halnya sistem pengambilan keputusan dengan voting sehingga setiap anggota memiliki kesempatan yang sama untuk menentukan hasil diskusi.

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Setiap bangsa membutuhkan ideologi yang komprehensif dan bisa diterima oleh semua anggota masyarakat sebagai:

  • Alat untuk mempersatukan perbedaan yang ada.
  • Tujuan yang ingin dicapai oleh setiap warga negara.
  • Acuan untuk membangun suatu bangsa.
  • Pegangan untuk menghadapi setiap permasalahan yang menyangkut bangsa dan negara seperti ekonomi, politik, sosial, serta budaya maupun problematika yang ada diantara kelompok masyarakat.
  • Penentu arah kebijakan.
  • Identitas bangsa.
  • Penguat solidaritas antar anggota masyarakat.

Dengan ideologi yang didukung oleh segenap masyarakat, suatu negara akan berkembang lebih baik dibandingkan negara yang banyak menuai konflik karena tidak adanya pedoman yang bisa dijadikan landasan dalam melaksanakan suatu kebijakan. Globalisasi yang masuk ke suatu negara juga harus sesuai dengan ideologi negara. Indonesia berdasarkan pancasila sila pertama menyebutkan kepercayaan pada satu Tuhan sehingga tidak memungkinkan masuknya agama politeisme. Setiap produk hukum yang dibuat harus mematuhi 5 sila dalam pancasila. Sebagai warga negara Indonesia, kita harus menjunjung tinggi kedaulatan pancasila sebagai satu-satunya ideologi negara.

Anda suka dengan artikel Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli" :