Suatu wilayah dapat disebut negara apabila memenuhi empat unsur pembentuk negara, unsur ini yang akan mempengaruhi perkembangan negara yang bersangkutan. Unsur pembentuk suatu negara adalah:

  • Rakyat (Penduduk dan Bukan Penduduk)
  • Wilayah, area yang menjadi teritorial negara
  • Pemerintah yang berdaulat
  • Adanya pengakuan dari negara lain

Dari keempat unsur tersebut, rakyat merupakan unsur pembentuk yang bersifat konstitutif atau mutlak. Sebab keberadaan rakyat akan memberikan pengaruh terhadap suatu wilayah, pemerintah, dan berlanjut kepada pengakuan. Jika tidak ada rakyat maka suatu negara tidak akan bisa berjuang mendapatkan kemerdekaan dan tidak akan mendapatkan pengakuan dari negara lain.

Rakyat yang meliputi dua golongan, yakni:

Pengertian Jumlah penduduk menurut Para Ahli

  • Penduduk, merupakan masyarakat asli yang lahir dan tinggal di wilayah negara yang bersangkutan dan memiliki orangtua yang juga penduduk negara tersebut.
  • Bukan Penduduk, merupakan orang yang menetap di wilayah suatu negara akan tetapi tidak menetap atau tinggal di negara tersebut.

Bukan penduduk ini biasanya adalah para wisatawan mancanegara, duta besar yang merupakan perwakilan dari negara lain. Seseorang yang Bukan Penduduk bisa mendapatkan status Warna Negara di negara kunjungannya dengan melakukan serangkaian prosedur untuk mendapatkan status kewarganegraan.

Indonesia yang merupakan negara kepulauan, memiliki penduduk dari pelbagai etnis adat kebudayaan. Hal ini menjadikan setiap pulau di Indonesia memiliki karakteristik yang berbeda-beda, baik dari segi fisik, logat bahasa, kebiasaan, dan adat yang berlaku. Keanekaragaman ini menjadikan Indonesia tidak hanya kaya akan sumber daya alam, melainkan juga kaya sumber daya manusia beserta kebudayaan. Kebudayaan ini merupakan salah satu daya tarik untuk menarik minat para turis mancanegara, sehingga meningkatkan pendapatan negara

Penduduk Indonesia yang beragam suku dan budaya tentunya memiliki definisi yang berbeda-beda dari para ahli. Perbedaan pendapat ini juga merupakan nilai lebih sebagai salah satu bukti kekayaan bangsa Indonesia secara global. Perbedaan pendapat ini semestinya menjadikan motivasi untuk saling mempererat tali persatuan, agar keutuhan bangsa tetap terjaga. Para ahli yang memiliki definisi penduduk diantaranya:

  • Jonny Purba,
  • Srijanti dan A. Rahman,
  • Ahmad Yani, dan Mamat Rahmat,
  • Dr. Kartomo, dll.

Anda suka dengan artikel Pengertian Jumlah Penduduk Menurut Para Ahli ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Israf Menurut Bahasa Dan Istilah. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Jumlah Penduduk Menurut Para Ahli" :