Pembelajaran tidak hanya kita jumpai di sekolah atau tempat yang berhubungan dengan pendidikan saja. Pembelajaran merupakan proses alami dalam hidup manusia yang harus dialami agar meningkatkan pengalaman dan kualitas hidup kita. Pembelajaran yang baik tentu akan memperoleh kualitas yang baik pula. Kali ini kita akan membahas pengertian kualitas yang lebih mengarah ke bidang pendidikan mengingat kualitas pembelajaran bangsa kita masih tertinggal jauh dari bangsa-bangsa lain.

Dalam dunia pendidikan, guru adalah peran penting untuk menentukan kualitas pembelajaran bagi siswa-siswinya. Berikut kualitas pembelajaran yang baik menurut para ahli :

Pengertian Kualitas Pembelajaran Menurut Para Ahli

  • Slavin

Di dalam belajar harus mendapatkan perubahan perilaku yang positif pada tiap individu yang di didik. Perubahan ini disebabkan oleh pengalaman yang didapatkan masing-masing individu. Jika sudah mendapatkan perubahan itu barulah kualitas pembelajaran dinilai cukup baik.

  • Achjar Chalil

Jika ingin memperoleh kualitas pembelajaran yang tepat, peserta didik dan pendidik harus terlibat dalam suatu interaksi dalam lingkungan mereka belajar.

  • Corey

Ketika peserta didik sudah mampu mengikuti tingkah laku tertentu yang dikelola oleh pendidik barulah kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan.

  • Munif Chatib

Tak dapat dipungkiri bahwa komunikasi sangat menentukan kualitas pembelajaran. Transfer informasi harus dilakukan oleh kedua belah pihak, pendidik memberikan informasi dan peserta didik menangkap informasi yang disampaikan itu.

  • Knowles

Suatu proses pembelajaran dapat dikatakan memiliki kualitas yang baik jika peserta didik sudah tergornisasi demi mecapai tujuan pendidikan.

  • Cronbanch

Kualitas belajar yang benar harus melibatkan peserta didik secara langsung. Peserta didik juga harus menggunakan semua panca indra nya untuk mengalami proses pembelajaran itu.

Pendapat para ahli diatas sangat berbeda-beda satu sama lain, akan tetapi semua yang dikatakan para ahli tersebut berguna untuk mewujudkan kualitas pembelajaran yang baik. Selain melakukan saran dari para ahli, kegiatan belajar tentu harus didukung dari niat dalam diri sendiri. Motivasi diri untuk mau belajar lebih banyak lagi baik dalam pendidikan maupun dalan nilai – nilai kehidupan.

Anda suka dengan artikel Pengertian Kualitas Pembelajaran Menurut Para Ahli ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Kualitas Pembelajaran Menurut Para Ahli" :