Limbah gas adalah salah satu penyebab terjadinya pencemaran udara. Hal ini disebabkan karena limbah gas mengandung zat partikulat yang berbentuk asap, nitrogen, karbon monoksida, hidrokarbon, sulfur dioksida yang dilepas ke udara. Udara merupakan sarana pencemaran dari limbah gas ini. Limbah gas biasanya berasal dari industri pabrik yang memiliki cerobong besar untuk mengalirkan sisa pembuangan produksi dalam bentuk gas. Selain itu, asap yang keluar dari knalpot kendaraan bermotor juga dapat disebut sebagai limbah gas.

Para ahli yang dibidangnya menuturkan tentang pengertian limbah gas dan pengaruhnya terhadap lingkungan sekitarnya. Berikut pengertian limbah gas menurut para ahli:

  • Moestikahadi (2000)

Penyebab dari perubahan udara di dalam lingkungan adalah limbah gas. Limbah gas terbentuk dari kumpulan zat-zat pencemar gas atau partikel kecil yang dilepas ke udara. Asal limbah gas bisa dari alam seperti kebakaran hutan dan gunung berapi yang meletus. Tetapi untuk saat ini limbah gas lebih banyak berasal dari industri, transportasi dan rumah tangga.

Pengertian Limbah Gas Menurut Para Ahli

  • Fardiaz (1992)

Limbah gas adalah pencemar udara. Bahan-bahan yang terkandung di dalamnya mengandung zat berbahaya yang tidak baik untuk kesehatan lingkungan sekitar.

Berbagai spekulasi dari para ahli mengatakan bahwa limbah gas adalah sumber pencemaran udara yang masih menjadi momok bagi masyarakat. Ini karena sifatnya yang berupas gas sehingga susah untuk didaur ulang. Berbeda dengan limbah cair atau limbah padat yang masih bisa dikelola menjadi sesuatu yang lebih ramah lingkungan. Limbah gas sendiri bersifat mudah meledak dan beracun. Oleh karena itu pengelola industri harus memilih tempat yang jauh dari hunian penduduk.

Mengolah limbah gas merupakan cara yang dirasa cukup sulit. Untuk menyiasati pencemaran pada udara, pengelola industri dapat mengurangi penggunaan zat dan bahan kimia yang berbahaya dalam proses produksinya. Hal ini bertujuan agar limbah gas yang dihasilkan juga tidak terlalu berbahaya dan menjadi pencemar saat dilepas ke udara. Pemilik industri dapat menggunakan media karbon aktif untuk mengolah limbah gas.

Anda suka dengan artikel Pengertian Limbah Gas Menurut Para Ahli ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Limbah Domestik Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Limbah Gas Menurut Para Ahli" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.