Berbicara mengenai lingkungan masyarakat tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Terlebih kita sendiri berada dalam lingkungan masyarakat. Entah kita sedang di pedesaan, perkampungan atau perkotaan kita tetap hidup di dalam suatu lingkungan dengan masyarakat lain. Lingkungan masyarakat adalah tempat kita untuk bersosialisasi dengan orang lain. Karena sebagai manusia kita merupakan mahluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri.

Ada beberapa pengertian lingkungan masyarakat menurut para ahli, diantaranya adalah:

  • St. Munajat Danusaputra

Lingkungan merupakan kondisi yang didalamnya terdapat manusia dan aktivitasnya. Lingkungan masyarakat mempengaruhi kesejahteraan manusia dan tingkah laku manusia yang tinggal didalamnya.

  • Paul B. Horton

Dalam lingkungan masyarakat terdapat manusia-manusia yang terbilang mandiri, sudah tinggal bersama-sama dalam jangka waktu yang cukup lama, berdiam pada satu wilayah dan memiliki kesamaan budaya. Sebagian besar dari mereka melakukan kegiatan yang sama dan berkomunikasi satu sama lain.

Pengertian Lingkungan Masyarakat Menurut Para Ahli

  • Soerjono Soekanto

Ciri-ciri lingkungan masyarakat adalah:

  1. Jumlah manusia yang hidup bersama sebanyak dua orang atau lebih
  2. Tinggal bersama dalam waktu yang cukup lama
  3. Menyadari bahwa mereka adalah kesatuan
  4. Memiliki sistem untuk hidup bersama karena merasa terkait antara satu sama lain
  • Peter L. Berger

Lingkungan dalam masyarakat harus didukung oleh masyarakat yang memiliki keseluruhan kompleks dan terdiri dari bagian-bagian  yang menyatukan mereka.

  • Robert Maciver

Dalam lingkungan masyarakat harus sistem hubungan yang sudah ditertibkan.

Yang dimaksud adalah ‘manusia yang tinggal dalam satu lingkungan memiliki tujuan yang sama’ adalah tujuan untuk tinggal dan hidup di wilayah tersebut dengan nyaman. Jika sudah sama-sama memiliki rasa nyaman, manusia akan membentuk perkumpulan atau organisasi dengan anggota yang lebih kecil. Organisasi dalam masyarakat dibentuk oleh dua orang atau lebih yang memiliki visi dan misi yang serupa. Untuk menciptakan lingkungan masyarakat yang aman diperlukan campur tangan masyarakat itu sendiri untuk bergotong royong mewujudkan kenyamanan di tempat tinggalnya. Tentu diperlukan hukum atau aturan yang mengatur lingkungan masyarakat agar tidak terjadi perselisihan.

Anda suka dengan artikel Pengertian Lingkungan Masyarakat Menurut Para Ahli ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Limbah Gas Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Lingkungan Masyarakat Menurut Para Ahli" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.