Banyak yang mengatakan buku adalah jendela dunia. Yang berarti dengan membaca buku kita dapat menjelajahi dunia tanpa harus mengunjungi lokasinya langsung. Ketika kita duduk di bangku TK, kita sudah dikenalkan kepada membaca. Mulai dari mengenal huruf-hurufnya, hingga kita membacanya dengan cara mengeja. Seiring bertambahnya usia, kita diharuskan membaca buku-buku pelajaran untuk melengkapi proses belajar. Ketika dewasa, keinginan membaca timbul dengan sendirinya seperti membaca novel, komik, koran hingga buku-buku yang menambah wawasan kita. Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan membaca kita dapat mengetahui hal yang belum pernah kita kenal sebelumnya.

Arti membaca secara umum dapat kita kenal sebagai penambah wawasan. Namun, beberapa para ahli menjelaskan pengertian membaca kepada kita semua agar kita bisa mengetahui manfaatnya. Berikut penuturan para ahli tentang pengertian membaca:

  • Finochiaro dan Bonomo

Dengan membaca kita dapat memetik makna yang disampaikan melalui bahasa yang tertulis.

Pengertian Membaca Menurut Para Ahli

  • Hodgson

Membaca merupakan proses pembaca dalam menangkap pesan yang hendak disampaikan oleh si penulis melalui rangkaian kata-kata.

  • Tampubalon

Tulisan itu mengandung ide dan gagasan dari si penulis, untuk dapat memahami gagasan yang terdapat dalam tulisan kita harus membaca terlebih dahulu tulisan-tulisan tersebut.

  • Juel (Sandjaja)

Membaca merupakan proses pengenalan kata dan menyusunnya menjadi suatu kalimat yang terstruktur sehingga pembaca dapat menyerap intisari dari apa yang mereka baca.

  • Kolker

Dengan membaca pembaca akan dapat berkomunikasi secara tidak langsung dengan penulis sehingga mengerti maksud dari tulisan si penulis tersebut.

  • Richard C. Anderson

Membaca berarti melakukan suatu proses untuk membentuk sebuah maknda dari teks tertulis.
Dewasa ini, membaca tidak hanya dapat dilakukan melalui buku saja. Membaca dapat dilakukan melalui media internet. Banyak portal-portal berita dan situs yang dapat memperluas wawasan kita tentang dunia. Kita juga harus pandai memilih bacaan. Pilihlah bacaan yang bermanfaat. Membaca juga dapat menjadi sarana hiburan bagi manusia. Maka dari itu budayakan membaca untuk menciptakan generasi yang berwawasan dan maju.

Anda suka dengan artikel Pengertian Membaca Menurut Para Ahli ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Martabat Manusia Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Membaca Menurut Para Ahli" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.