Apakah kalian mengetahui mengenai stuktur sosial, jika belum maka dalam kesempatan ini akan di bahas mengenai stuktur sosial yang mana ini memang sangat erat kaitannya dengan kehidupan bermasyarakat, jika di kaji memang setiap manusia atau individu pastinya memiliki kebutuhan yang berbeda beda  hal ini mulai dari  kebutuhan yang bersifat ekonomi, sosial, hukum, dan masih banyak hal yang lainnya, dalam pemenuhan kebutuhan itu pun akan sangat beragam sekali dalam cara memenuhinya, dengan adanya hal itu maka tidak mengherankan jika  manusia membutuhkan interaksi sosial dengan pihak yang lain atau lembaga yang menyediakan  interaksi sosial.

Maka tidak mengherankan jika interaksi sosial sangat penting sekali bagi kehidupan seseorang yang mana ini merupakan salah satu wujud bahwa manusia hidup bermasyarakat sebaga peranananya yakni adalah anggota masyarakat, manusia akan tertata dalam stuktur sosial atau jaringan unsur unsur sosial yang ada dalam masyarakat.  Yang mana ini kan menlingkupi  di berbagai aspek kehidupan contohnya kebudayaan lembaga sosial, kekuasaan, wewenang dan masih banyak yang lainnya lagi. Kemudian unsur unsur tersebut nantinya akan di hubungkan dengan berbagai segi kehidupan seperti ekonomi, politik, hukum dan masih banyak hal yang lainnya.

Pengertian Struktur Sosial Menurut beberapa Ahli

Untuk itulah bagi yang belum mengetahui mengenai stuktur sosial lebih mendalam maka disini akan di berikan pengertian mengenai stuktur sosial dari berbagai ahlinya diantaranya adalah sebagai berikut:

  • George C. Homan yangberpendapat bahwa  menghubungkan stukture sosial dengan prilaku mendasar dalam kehidupan sehari hari.
  • Mengaitkan struktur sosial dengan perilaku elementer (mendasar) dalam kehidupan sehari-hari.
  • Talcott Parsons yang mengartikan stuktur sosial sebagai keterikatan antar manusia yang hidup.
  • Coleman beranggapan bahwa stuktur sosial adalah sebuah hubungan berbentuk pola antara manusia dan antar kelompok manusia lainnya.
  • Kornblum berpendapatkan bahwa struktur sosial di tekankan pada pola perilaku individu dan kelompok yaitu adalah pola perilaku yang berulang  yang menciptakan hubungan antar individu dan antar kelompok masyarakat.
  • Soerjono Soekanto berpendapat bahwa stuktur sosial adalah hubungan timbal balik antar posisi sosial dan antar peranan peranan.

Anda suka dengan artikel Pengertian Struktur Sosial Menurut Beberapa Ahli ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Sosial Budaya Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Struktur Sosial Menurut Beberapa Ahli" :