Di dunia ini terdapat banyak aturan dan norma yang harus dipatuhi. Misalnya saja norma hukum yang berisi Undang-undang tentang pendidikan, kesejahteraan, ekonomi, sosial budaya, dan segala aspek lain yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Dalam menjalani hidup, sudah sepatutnya setiap manusia patuh dan tunduk terhadap norma-norma yang ada di sekitarnya. Norma lain yang juga harus dipatuhi adalah norma agama dan norma sosial. Tujuan dari norma-norma tersebut adalah agar kehidupan berjalan dengan baik dan teratur. Bayangkan saja apabila tidak ada hukum yang mengatur tentang lalu lintas, misalnya. Setiap pengendara di jalan akan dapat berkendara sesuka hati tanpa dikenakan sanksi khusus apabila mencelakai orang lain.

Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli

Aturan dan norma yang ada di masyarakat tentu dipengaruhi oleh tradisi yang ada dan berkembang di masyarakat. Misalnya saja, wanita di Aceh diharuskan untuk mengenakan jilbab. Namun, hal ini tidak berlaku di daerah lain. Hal ini karena setiap daerah memiliki tradisi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, masyarakat juga akan mengembangkan suatu aturan dan norma yang sesuai dengan tradisi mereka. Sementara itu, ada satu cabang ilmu yang khusus mempelajari mengenai tradisi atau kebudayaan masyarakat, namanya antropologi. Ilmu ini pada dasarnya mempelajari manusia dan budaya. Sehingga, mempelajari ilmu ini akan membuat manusia menjadi paham akan perbedaan yang ada diantara kita.

Sebenarnya banyak sekali pengertian dari tradisi. Namun, pengertian tradisi menurut para ahli secara garis besar adalah suatu budaya dan adat istiadat yang diwariskan dari satu generasi ke generasi dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Nenek moyang kita tentu menginginkan para generasi penerus tetap menjaga kelestarian peninggalan mereka. Peninggalan tersebut dapat berupa materil dan non materil. Peninggalan materil contohnya adalah lukisan, patung, dan arca. Sementara itu, peninggalan non materil berupa bahasa atau dialek, upacara adat, dan norma.

Tradisi yang dimiliki masyarakat bertujuan agar membuat hidup manusia kaya akan budaya dan nilai-nilai bersejarah. Selain itu, tradisi juga akan menciptakan kehidupan yang harmonis. Namun, hal tersebut akan terwujud hanya apabila manusia menghargai, menghormarti, dan menjalankan suatu tradisi secara baik dan benar serta sesuai aturan.

Anda suka dengan artikel Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengertian Terminologi Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli" :