Sebagian besar negara berkembang adalah negara-negara di Afrila, Amerika Selatan, dan Asia. Biasanya negara-negara tersebut memiliki sumber daya alam yang melimpah, namun hal tersebut belum tentu membawa kesejahteraan bagi rakyatnya. Berikut ini adalah profil negara berkembang, diantaranya adalah Brazil, India, Malaysia, dan Meksiko.

Brazil adalah negara terluas di Amerika Selatan. Posisi geografis negara ini adalah pada 6° LU-35°LS dan 35°BB-74° BB. Pada tahun 2010, jumlah penduduk Brazil kurang lebih sebanyak lebih dari 201 juta jiwa. Sektor ekonomi Brazil ditekankan di sektor pertambangan, pertanian,  jasa, dan manufaktur. Dua sektor yang memegang peranan utama dalam sektor perekonomian di negara ini adalah pertanian dan perkebunan. Hasil pertanian Brazil antara lain adalah jagung, gandum, padi, dan kacang kedelai. Selain itu, produk seperti karet, serat, dan biji-bijian juga telah dikembangkan. Di bidang teknologi, Brazil memiliki teknologi canggih terutama dalam pengolahan data elektronik dan bioteknologi.

Profil Negara Berkembang

Salah satu negara berkembang di Asia adalah India. India merupakan salah satu negara yang terlatak di Asia Selatan. Jumlah penduduk India diperkirakan melebihi satu milyar jiwa. India merupakan negara agraris karena sekitar 70% penduduknya bekerja di sektor pertanian. Beberapa hasil pertanian negara ini antara lain adalah gandum, kopi, lada, dan karet. Selain itu, negara ini juga menghasilkan barang-barang tambang antara lain batu bara, bauksit, magnesium, dan mangan. Di bidang peternakan, negara ini beberapa binatang antara lain bgajah dan unta yang diternakkan di daerah Lembah Hindustan.

Di samping itu, salah satu negara berkembang di Asia adalah Malaysia. Sektor yang menjadi andalan negara ini adalah pertanian. Di samping itu, negara ini juga memiliki hasil sektor industri unggul, yaitu mobil Proton. Sementara itu, salah satu negara berkembang di Afrika adalah Mesir. Sebagian besar daratan Mesir adalah berupa gurun. Gurun terbesar di negara ini adalah Gurun Sahara. Mesir terkenal dengan sejarah dan peradaban kuno. Selain itu, Mesir diakui sebagai pusat budaya dan politik utama untuk  kawasan Arab dan Timur Tengah.

Anda suka dengan artikel Profil Negara Berkembang ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Perlunya Implementasi Iman Dalam Kehidupan. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Profil Negara Berkembang" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.